Langsung ke konten utama

Apa itu Reactive Oxygen Species?

Reactive Oxygen Species adalah sejenis molekul tidak stabil yang mengandung oksigen dan mudah bereaksi dengan molekul lain di dalam sel. Penumpukan spesies oksigen reaktif dalam sel dapat menyebabkan kerusakan pada DNA, RNA, dan protein, dan dapat menyebabkan kematian sel.

Spesies oksigen reaktif (ROS) adalah produk sampingan alami dari metabolisme oksidatif seluler dan memainkan peran penting dalam modulasi kelangsungan hidup sel, kematian sel, diferensiasi, pensinyalan sel, dan produksi faktor terkait peradangan.

Reactive Oxygen Species Merusak DNA

ROS merusak DNA melalui pemutusan untai dan oksidasi basa yang, jika tidak diperbaiki, menginduksi apoptosis atau onkosis. Oksidasi protein dan nitrasi merusak enzim antioksidan, protein surfaktan, dan jalur anti-inflamasi yang selanjutnya dapat menyebarkan peradangan maladaptif.

Spesies oksigen reaktif (ROS) berfungsi sebagai molekul pensinyalan sel untuk proses biologis normal. Namun, pembentukan ROS juga dapat memicu kerusakan pada berbagai organel dan proses seluler, yang pada akhirnya dapat mengganggu fisiologi normal. 

Ketidakseimbangan antara produksi ROS dan pertahanan antioksidan yang melindungi sel telah terlibat dalam patogenesis berbagai penyakit, seperti kanker, asma, hipertensi pulmonal, dan retinopati. 

Sifat cedera pada akhirnya akan bergantung pada interaksi molekul tertentu, lokasi seluler, dan waktu kerusakan. Ulasan ini akan menguraikan asal-usul ROS endogen dan eksogen yang dihasilkan. 

Target molekuler, seluler, patologis, dan fisiologis kemudian akan dibahas dengan penekanan khusus pada aspek yang relevan dengan perkembangan anak. Akhirnya, pertahanan antioksidan yang mengais ROS dan mengurangi toksisitas terkait akan disajikan, dengan diskusi tentang pendekatan terapeutik potensial untuk pencegahan dan/atau pengobatan penyakit manusia menggunakan antioksidan enzimatik dan nonenzimatik.

Bagaimana ROS Merusak Sel dan Organ Tubuh?

reactive oxygen species


Ada keseimbangan yang halus antara produksi ROS dan pertahanan antioksidan yang melindungi sel in vivo. Keseimbangan ini dapat terganggu dalam kondisi hiperoksia, peradangan, atau iskemia-reperfusi (generasi ROS yang berlebihan) atau dengan adanya pertahanan antioksidan yang terbatas atau terganggu. Berbagai jalur yang terlibat dalam kematian sel yang diinduksi ROS telah diusulkan. ROS dapat menyebabkan cedera langsung pada protein, lipid, dan asam nukleat, menyebabkan kematian sel.

Peroksidasi lipid telah dikaitkan dengan kematian sel melalui efek pada fosfolipid seluler (komponen membran sel utama) melalui aktivasi sphingomyelinase dan pelepasan ceramide, yang mengaktifkan apoptosis. 

Oksidasi asam nukleat telah dikaitkan dengan fisiologis dan penuaan dini serta pemutusan untai DNA, menyebabkan nekrosis dan/atau apoptosis maladaptif. Besarnya perubahan ini dan kemampuan sel untuk memperbaiki kerusakan ini menentukan apakah efeknya adaptif atau maladaptif.

Komentar

  1. cegah penuaan dini dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung resveratrol, seperti wortel, buah anggur merah (bukan wine atau anggur alkohol ya), dan sebagainya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apakah Cinta Itu?

Menemukan arti Cinta saja sudah sulit bagi sebagian orang, apalagi menemukan cinta sejati. Banyak sekali yang berani mengucap kata cinta namun pada akhirnya terkikis oleh rasa lainnya. Lantas apa sebabnya?  Arti Kata Cinta Banyak sekali arti kata cinta yang dapat kita jabarkan. Mulai dari rasa suka, kasih sayang, kepedulian, pengorbanan dan sebagainya. Ya, pengorbanan adalah kata cinta yang sesungguhnya. Semestinya cinta itu memang tidak bersyarat, seperti orang tua yang cinta pada anak-anaknya, rela mengorbankan apapun demi anak-anaknya walau itu melanggar akidah dan menendang keluar suaminya dari rumahnya. Itulah cinta .. unik dan menarik. Pada awalnya banyak yang ketika sedang kasmaran mengucap kata cinta, apalagi ketika berhubungan seksual, banyak sekali kata-kata cinta terlontarkan, seperti "aku adalah budak seks kamu" ataupun "aku kecanduan kamu" dan kata-kata cinta lainnya, sembari cekak cekikik kegelian. Ketika dihadapkan pada suatu ujian untuk menyatakan ar

Rangkuman SAK ETAP Bab I

Rangkuman SAK ETAP Bab I Posted on December 11, 2012 by admin — No Comments ↓ Share on facebook Share on twitter Share on email Share on print More Sharing Services BAB I Ruang Lingkup Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) dimaksudkan untuk digunakan entitas tanpa akuntabilitas publik. Entitas tanpa akuntabilitas publik adalah entitas yang memiliki dua kriteria yang menentukan apakah suatu entitas tergolong entitas tanpa akuntabilitas publik (ETAP) yaitu: 1.      Tidak memiliki akuntabilitas publik yang signifikan      Suatu entitas dikatakan memiliki akuntabilitas yang signifikan jika: Entitas telah mengajukan pernyataan pendaftaran atau entitas dalam proses pengajuan pernyataan pendaftaran pada otoritas pasar modal (BAPEPAM-LK) atau regulator lain untuk tujuan p

Bakso Terenak di Bogor Dengan Resep Asli Turun Temurun

Jika Anda mencari bakso terenak di Bogor mungkin akan dihadapkan banyak pilihan. Namun di Jalan Raya Mayor Oking Nomor 170, Cirimekar, Cibinong, Bogor, ada sebuah tempat makan bakso bernama Bakso Prabu yang menawarkan cita rasa bakso original yang sangat lezat. Bakso Prabu di Cibinong ini merupakan cabang dari Ciracas, Jakarta Timur yang sudah lebih dulu terkenal dengan bakso yang sangat lezat. Informasi Bakso Terenak di Bogor Di Bakso Prabu, kita bisa minta tambah tetelan atau kikil pada bakso yang kita pesan. Tersedia bakso urat, telur, alus, dan tahu. Semuanya serba enak, kualitasnya gak perlu diragukan. Sebelum Anda percaya dengan review ini, silahkan cek review tentang Bakso Prabu di Cibinong dan di Ciracas, atau Anda juga dapat cari di Instagram dan Facebook, mayoritas memberikan testimoni yang positif. Ulasan pelanggan Bakso Prabu Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Bakso Prabu menggunakan resep warisan bakso asli Wonogiri secara turun temurun dan kini dikelola seca